Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy  merupakan mesin yang sangat dibutuhkan untuk menunjang aktifitas pekerjaan, salah satunya perkerjaan perkantoran yang memerlukan beratus-ratus kali fotocopy dokumen. Selain itu ranah bisnis fotocopy di Indonesia bisa terbilang sangat menguntungkan sekali dikarena banyak orang yang membutuhkan mesin fotocopy dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Sebelum Anda membeli mesin fotocopy baik untuk kebutuhan pekerjaan dan bisnis, baiknya perhatikan dahulu hal apa saja yang harus diperhatiakan sebelum membeli mesin fotocopy. Dibawah ini berbagai hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli mesin fotocopy:

  • Kebutuhan Kerja

Hal ini menjadi faktor pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian. Jangan sampai saat Anda sudah membeli barang tapi tidak digunakan lagi itu akan menjadi pemborosan. Sebaiknya sebelum membeli, Anda lebih dahulu memikirkan apakah alat tersebut bener-bener dibutuhkan untuk pekerjaan.

Contohnya alat yang diperlukan untuk penunjang perkerjaan adalah mesin fotocopy, karena mesin fotocopy memiliki dua sisi kegunaan yaitu; sebagai alat usaha (copy service/copy centre) dan untuk keperluan pendukung usaha/perkantoran.

Mesin fotocopy mempunyai spesifikasi tersendiri dalam pengunaannya. Mesin fotocopy  yang dipakai untuk usaha itu adalah jenis mesin yang harus mempunyai kecepatan yang tinggi yaitu minimal 50 cpm (copy per minute), sedangkan yang dibawah 50 cpm biasanya cocok digunakan untuk keperluan kantoran.

Kecepatan copy per menit berpengaruh terhadap kualitas yang dihasilkan, semakin lambat cpm semakin bagus kualitas yang di hasilkan meskipun keduanya sama-sama mempunyai resolusi 600 dpi (dot per inch).

  • Brand Mesin Fotocopy

Sudah banyak sekali Brand yang masuk ke industri Indonesia. Sebut saja Canon, Xerox, Ricoh, Toshiba, Sharp, Gestetner dll. Brand pada mesin biasanya berhubungan dengan Komponen mesin, penyediaan sparepart, pilihan supplier dan kemampuan teknisi. Penting untuk mengetahui Brand apa yang paling banyak dipakai orang lain. Hal ini di karenakan terbatasnya pengetahuan tentang mesin fotocopy  di Indonesia dan juga hal tersebut bisa juga mengindikasikan pada:

  1. Biaya operasional yang murah.
  2. Ketersediaan sparepart yang banyak agar tidak  kesulitan dalam mencari sparepart.
  3. Harga sparepart dan toner bersaing yang terbilang murah.

Untuk saat ini mesin fotocopy  yang paling sering digunakan di Indonesia adalah Brand dari Canon. Mesin Canon ini mempunyai keunggulan dalam hal operasional yang tergolong cukup murah.

  • MESIN

Ada 2 jenis mesin fotocopy yang dijual di Indonesia, yait: mesin fotocopy baru dan rekondisi (bekas, biasanya berasal dari AS atau Eropa, yang dikemas seperti baru). Perbedaan yang paling menonjol dari perbedaan itu tentunya dalam hal harga. Harga mesin rekondisi hanya mencapai 10% dari harga baru. Hal  ini yang membuat bisnis fotocopy  bisa bertahan lebih lama dan berkembang.

  • SUPPLIER

Supplier yaitu dealer atau perwakilan yang ditunjuk untuk menjual atau mendistribusikan mesin oleh distributor resminya. Karena konsumen mungkin akan lebih merasa nyaman apabila membeli dari perusahaan tersebut dikarenakan mendapat barang dengan garansi resmi walaupun harga yang dibayar jauh lebih mahal.

Untuk supplier/penjual barang rekondisi banyak pilihannya, dimulai dari Importir langsung, dealer, agen, bahkan dari teknisi (perorangan). Perlu diketahui bahwa di Indonesia ada 7 perusahaan importir yang mengimpor mesin fotocopy  bekas yang kemudian dijual lagi secara langsung baik kepada dealer/agen atau perorangan.

Nah untuk lebih mudahnya, berikut beberapa saran yang harus diperhatikan sebelum memilih supplier/penjual:

1. Pilih Perusahaan yang Tepat

Pilih sebuah perusahaan yang sudah lama bisnis di bidang fotocopy . Hal ini menunjukan penjual tersebut berpengalaman dan sudah mempunyai sistem kerja yang baik sehingga bisa bertahan dalam usahanya.

2. Teliti dan Pelajari Terlebih Dahulu

Kalau Anda membeli barang bekas pastinya tidak mungkin kondisi barangnya sebagus aslinya, jadi kita harus lebih berhati-hati dalam memilih barang. Jangan mudah tergiur  oleh harga yang ditawarkan oleh supplier dengan harga sangat murah. Karena bisa jadi kualitas mesinnya kurang bagus sehingga bisa berakibat pada biaya perbaikan yang tinggi. Alangkah lebih baik kita memeriksa harga ke beberapa supplier/penjual terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasarannya, dan hindari membeli barang yang harganya terlalu murah atau terlalu mahal.

3. Perhatikan Garansi Mesin

Garansi penting sekali dalam membeli mesin fotocopy teruntuk pemula maupun bagi yang sudah menguasai mesin. Para penjual mesin rekondisi biasanya mempunyai standar garansi sendiri, dari garansi 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan, bahkan ada istilah ‘garansi bantu’ (dibantu apabila ada masalah tanpa melakukan cek rutin).  Lamanya masa garansi bukan jaminan mesin rekondisi tersebut berkualitas baik, yang terpenting konsistensi teknisi dalam hal melakukan cek rutin dan penyediaan sparepartnya.

One Reply to “Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mesin Fotocopy”

  1. Sukses terus buat CV Dhini Adi Selaras…..
    Karena ditunjang dengan pelayanan purna jual yang sangat baik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *